RSS

Sistem Operasi Nokia E63

Sistem Operasi Nokia E63


Nokia e63 merupakan regenerasi dari nokia e71 yang merupakan smartphone bisnis yang lebih terjangkau dibandingkan dengan e71.

E63 merupakan keluarga dari Eseries sehingga memiliki konektivitas Wi-Fi, akses mudah ke Mail for Exchange. Desain dan fitur pada e63 tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan e71 sebagai pendahulunya. E63 menggunakan sistem operasi Symbian dan juga memiliki keyboard QWERTY.

Untuk lebih mengetahui sistem operasi Symbian akan saya bahas sedikit lebih detail . Sistem operasi Symbian telah memimpin dalam industri perangkat bergerak seperti communicator dan smartphones. Pada sistem operasi Symbian mengutamakan efisiensi penggunaan sumber daya memori dan baterai. Sistem operasi symbian dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman c++. Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi 32 bit, dengan konsep little endian dan berjalan pada beberapa tipe arsitektur mikroprosesor ARM (Advance RISC Machines).

Preemptive multitasking merupakan prinsip yang bekerja pada sistem operasi symbian. Sistem operasi Symbian  memberikan kumpulan-kumpulan library seperti networking (TCP/IP, PPP, FTP) communication (Bluethooth, IrDA). Layanan-layanan tersebut dapat diakses dengan menggunakan konsep hubungan client-server. Client mengunakan layanan API yang diberikan oleh server untuk berkomunikasi dengan server.

Sistem operasi seluruhya berbasis sistem object oriented sehingga flexible dan efisien. Pada sistem operasi juga tersedia adanya API (Application Programming Interface) yang mempermudah pembuatan aplikasi. Selain itu symbian OS juga menyediakan mekanisme manajemen memori yang dapat dilakukan secara langsung oleh pembuat aplikasi. Adanya proses berdasarkan event driven, sehinggan penghematan memori dapat dilakukan oleh pembuatnya.

Pada dasarnya pembangunan aplikasi menggunakan Symbian C++ dapat menghasilkan tiga jenis target aplikasi, yaitu executable (*.exe), dynamic linked library (*.dll) dan, application (*.app).

Exe dan dll merupakan aplikasi yang terdiri dari paket-paket binary yang menjalankan suatu proses pada system operasi Symbian Executable (*.exe) dan dijalankan sebagai proses baru yang berupa aplikasi dilevel console,

dynamic linked libraries (*.dll) dijalankan sebagai bagian dari suatu proses.

application (*.app) merupakan aplikasi yang terdiri dari user interface yang dijalankan sebagai proses-proses yang terpisah. App adalah jenis aplikasi yang banyak digunakan untuk berinteraksi dengan menjalankan beberapa proses sekaligus dalam satu atau lebih thread.

Nokia E63 lebih tebal daripada Nokia E71. Nokia E63 memiliki slot kartu memori microSD dan sebuah port microUSB untuk sinkronisasi PC.
Fitur lain dari Nokia E63 adalah mendukung akses data kecepatan tinggi HSDPA, layar QVGA dengan resolusi 320×240 pixel, 3.5mm AV jack, FM Radio, Bluetooth, Java MIDP dan kamera 2 megapixel.

Pada nokia e63 juga dapat dilakukan perubahan modus hanya dengan menekan sebuah tombol. Nokia E63 dilengkapi Files on Ovi, sebuah layanan di mana orang bisa mengakses file-file di PC mereka dari jarak jauh, bahkan ketika komputer mereka sedang tidak menyala.



Literatur  :   http://shintaambarwaty.blogspot.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar