RSS

Aktivitas Menarik Mengisi Liburan Di Rumah

Aktivitas Menarik Mengisi Liburan Di Rumah
 


Di Masa liburan, jangan biarkan buah hati hanya melakukan aktivitas menonton televisi atau surfing di internet. Mengajak anak untuk aktif selama liburan dapat mengembangkan daya kreativitas mereka.

Dr Nirmala Rao, psikiater berbasis di Mumbai, mengatakan, "Liburan adalah waktu yang dinanti-nanti anak-anak. Jangan biarkan mereka hanya terpaku di depan layar televisi atau komputer. Saat liburan adalah waktu tepat menanamkan kebiasaan anak agar lebih dekat dengan
alam atau membuat mereka terlibat dalam pekerjaan rumah tangga," katanya, seperti dikutip dari Times of India.

Outbond atau mengajak anak-anak kenal lebih dekat dengan alam adalah solusi liburan menyenangkan. Jenis liburan ini bisa membuat anak lebih imajinatif dan kreatif.

Tapi, jika Anda tak punya banyak waktu untuk mengajak anak-anak liburan di alam terbuka, mengajak mereka berpartisipasi merapikan rumah atau menata ulang rumah dengan dekorasi-dekorasi unik dan kreatif juga bisa menjadi pengalaman liburan menyenangkan. Jadi, jangan berkecil hati jika Anda tidak bisa membawa anak-anak liburan ke tempat yang diinginkan, seperti ke luar negeri. Ada begitu banyak hal menarik yang bisa dilakukan di rumah.

Monarose Pereira, penulis buku anak-anak, memberikan saran, "Meluangkan waktu dengan menceritakan kisah-kisah menarik, berkebun bersama, menyanyi dan bermain bisa menjadi hal menarik untuk anak-anak. Anda dan anak juga bisa menciptakan ikatan yang lebih dekat.”

Kegiatan indoor juga mendorong semangat kreatif anak di rumah. Mengajaknya mengecat dinding bersama bisa menjadi pengalaman menyenangkan pada anak.
Selain itu, untuk anak perempuan Anda bisa mengajak si kecil belajar memasak atau bermain 'salon-salonan'. Atau, jika ada hewan peliharaan di rumah, bisa juga beri tanggung jawab pada mereka untuk selalu merawat dan membersihkan kandangnya. Biarkan mereka melihat sisi menyenangkan dari kegiatan rumah.

Tak hanya di dalam ruangan, liburan outdoor juga bisa Anda lakukan di rumah bersama si kecil. Pasang kemah di perkarangan rumah. Lakukan kegiatan seperti berkemah di alam bebas, makan di depan kemah dan tidur di dalam kemah. Dijamin si kecil akan antusias menjalani aktivitas ini.

Studi menunjukkan, jika anak-anak sibuk selama liburan, kinerja mereka saat kembali ke sekolah bisa meningkat secara keseluruhan.


Literatur  :    http://metro.vivanews.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar