RSS

SEJARAH KOMPUTER


SEJARAH KOMPUTER
Sejarah komputer dan perkembangannya, sejak dulu proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat - alat mekanik dan elektronik membantu manusia dalam perhitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan - penemuan manusia sejak dahulu berupa alat - alat mekanik maupun elektronik.

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu menbaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi , jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Penggolongan alat pengolahan data sejak jaman purba sampai saat ini digolongkan kedalam 4 golongan besar, yaitu  :
1.      Peralatan Manual, yaitu  : peralatan pengolahan data yang sangat sederhana dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
2.      Peralatan Mekanik, yaitu  : peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
3.      Peralatan Mekanik Elektronik, yaitu  : peralatan mekaik yang digerakkan secara otomatis menggunakan motor elektronik.
4.      Peralatan Elektronik, yaitu  : peralatan yang bekerja secara elektronik penuh dan berkembang dari generasi ke generasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar