RSS

JENIS - JENIS KOMPUTER


JENIS - JENIS KOMPUTER
Komputer berdasarkan cara kerja dan data yang diolah  :
a.         Komputer Analog (Analog Komputer)
Digunakan untuk data yang bersifat kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tapi dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan dsb. Output dari komputer analog umumnya untuk pengaturan suatu mesin.
Contohnya  :  Penggunaan komputer pada alat Voltmeter, Jam Listrik, Barometer.
Keuntungan  :  Kemampuan untuk menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengukur data tersebut tanpa harus di konversikan terlebih dahulu seperti komputer digital.

Kerugian        : Biasanya komputer ini kurang tepat bila dibandingkan dengan     komputer digital.
b.         Komputer Digital (Digital Analog)
Adanya komputer yang beroperasi atau bekerja dengan angka - angka atau tanda - tanda lain seperti huruf, tanda baca dan karakter khusus lainnya yang dalam operasinya didefinisikan sebagai angka atau huruf. Biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan teknik. Hal ini disebabkan karena komputer ini mempunyai kemampuan kalkulasi dan manipulasi data.
Keunggulan  :
·         Memproses data agar lebih cepat dibandingkan dengan komputer analog
·         Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses
·         Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus
·         Output dari komputer digital ini berupa angka, huruf, grafik atau gambar
c.          Komputer Hybrid (Hybrid Computer)
Adalah gabungan dari komputer analog dan komputer digital yang bekerja dengan satuan angka dan besaran fisik yang diterimanya. Dan komputer ini dapat bekerja untuk menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.
Komputer berdasarkan tujuan dan penggunaannya  :
a.         Komputer Penggunaan Khusus (Special Purpose Computer)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan masalah yang khusus. Biasanya hanya ada satu masalah saja. Dimana program komputer sudah ditentukan dan sudah tersimpan dalam komputer. Jenis komputernya bisa komputer analog dan digital, namun umumnya komputer analog. Digunakan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses - proses industri seperti, pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja untuk militer, untuk navigasi kapal selam dan pesawat terbang.
b.         Komputer Penggunaan Umum (General Purpose Computer)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam - macam permasalahan dengan menggunakan bermacam - macam program. Komputer ini tidak dirancang secara khusus, sehingga dibandingkan dengan Special Purpose Computer kecepatan untuk mentranformasikan data lebih rendah. Karena komputer ini bisa untuk menyelesaikan masalah - masalah yang berbeda, maka aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dsb banyak menggunakan komputer ini. Contoh dari Komputer Digital umumnya disebut sebagai General Purpose Computer.

Komputer berdasarkan kapasitas atau ukurannya  :
a.         Mainframe  : Komputer dengan ukuran besar. Biasanya komputer ini dihubungkan dengan sebuah server. Server ini di hubungkan ke beberapa komputer, sehingga komputer dapat dipakai secara bersama - sama dalam waktu bersamaan.
b.         Mini Komputer (Mini Komputer)  : Komputer dengan ukuran mini dan bersifat Multi-User yaitu sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama oleh banyak pemakai.
c.          Mikro Komputer (Micro Computer)  : Disebut juga dengan personal komputer. Komputer ini bersifat Single-User (pemakai tunggal yaitu satu komputer hanya dapat digunakan untuk satu pemakai saja pada setiap saat).
Berdasarkan kapasitas kerja dan memorinya, komputer dapat digolongkan ke dalam 5 bagian yaitu  : Micro Computer, Mini Computer, Small Computer, Medium-Scale Computer, Large-Scale Computer (Mainframe Computer) dan Super Computer. Ukuran komputer ditentukan  :
  • Kapasitas main memory (simpanan dalam)
→  Ukuran kapasitas simpanan atau memory dinyatakan dalam satuan byte.
→  Komputer mikro kapasitas memorinya 4 - 32 KB
→  Komputer mini kapasitas memorinya 32 - 128 KB
  • Konfigurasi operand regular
  • Kecepatan mengolahnya
  • Jumlah dan macam alat - alat input dan outputnya
  • Ukuran fisik komputer dan ruang yang dibutuhkan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar