RSS

Motivasi Menurut Teori Valensi Manusia Penjudi

Deagestano H.S. 12108186, 2ka08

Motivasi Menurut Teori Valensi Manusia Penjudi

Teori ini menyatakan bahwa manusia cenderung membuat pilihan dan mengambil resiko yang tersedia, baik resiko kecil, sedang maupun resiko yang sangat besar. Teori ini sesungguhnya menyatakan manusia sangat pemberani / manusia super dalam hal pengambilan keputusan. Teori ini dapat juga disebut keputusan spekulasi. Ia akan memilih perilaku yang akan memberinya hasil terbaik sesuai dengan apa yang diinginkan dan tidak pernah tersirat akan akibat yang terburuk. Teori Valensi Manusia Penjudi memiliki dua hal akibat, yakni hasil yang terbaik dan hasil yang terburuk. Kepercayaan diri dan keyakinan akan keberhasilan setiap pengambilan keputusan adalah modal utama yang harus kita miliki untuk menghasilkan langkah yang berdampak positif. Didunia yang fana ini, tidak ada suatu hal yang pasti, semuanya masih kemungkinan - kemungkinan, maka sebagai manusia yang berpikir harus menjadi manusia super dalam pengambilan keputusan. Setiap pengambilan keputusan tentunya harus diiringi dengan persiapan - persiapan dari hal yang terkecil sampai yang terbesar, sehingga keberhasilan / kesuksesan yang akan kita peroleh. Teori ini memungkinkan seseorang membuat keputusan secara sadar.

Ada 3 (tiga) elemen penting dalam teori ini :

• Hasil akibat apa yang mungkin timbul dari suatu perilaku

Setiap perilaku / keputusan yang dibuat atau dilakukan secara spekulasi, maka akan diperoleh dua hal yakni hasil yang positif dan hasil negatif.

• Valensi seberapa baik atau menarik hasil tersebut

Hasil yang terbaik akan dicapai, apabila dilakukan secara baik dan benar termasuk juga persiapan - persiapan yang akan dilakukan sebelum membuat atau mengambil keputusan itu.

• Harapan jika saya lakukan hal ini, akankah saya memperoleh hasil yang terbaik

Bila dilakukan dengan penuh keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi, maka hasil yang akan diperoleh adalah berupa hasil yang positif.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar