RSS

Implementasi Jaringan Komputer pada Bidang Tertentu

Implementasi Jaringan Komputer pada Bidang Tertentu

 

Dalam Dunia Bisnis
Sering terjadi dalam dunia bisnis adalah adanya tawar menawar suatu barang atau jasa antara penjual dan pembeli. Dalam proses tawar menawar itu kedua pihak biasanya bertemu langsung untuk melakukan transaksi, namun dengan adanya ‘Bisnis Online’ jual beli dapat dilakukan melalui internet,jadi pembeli hanya cukup melihat daftar barang yang dipajang kemudian memesannya.

Implementasi Jaringan komputer di dunia bisnis digunakan untuk mempersempit jarak bisnis online seperti
e-commerce sehingga dapat dijangkau dengan luas di dunia maya. Dapat juga digunakan untuk melakukan komunikasi antar employees dengan efektif dan efisien, dengan menggunakan video call atau sejenisnya.
Dengan adanya Jaringan Komputer, dunia perbisnisan menjadi lebih mudah. Contoh peng-implementasian jaringan komputer pada bidang bisnis adalah :
  • mempercepat pendistribusian data dan informasi dalam proses pengambilan keputusan
  • perlindungan keamanan data dan informasi lebih terjamin
  • memungkinkan berbagai resources
  • Adanya Data Center
  • Adanya Toko Online
  • Dapat terhubung nya beberapa cabang perusahaan yang berada di tempat / regional yang
  • berbeda.
  • proses transaksi yang terintegrasi dengan baik
Tujuan teknologi jaringan komputer di dunia usaha adalah sebagai berikut :
  1. Teknologi jaringan komputer akan membantu dan mempermudah kinerja pegawai, karena diharapkan dengan adanya teknologi tersebut pegawai dapat menyelesaikan tugasnya dengan cepat, mudah, dan dapat mengirim dan menerima file melalui jaringan komputer.
  2. Teknologi jaringan komputer dapat meminimalkan biaya dan waktu. Dengan adanya teknologi tersebut pegawai tidak perlu berpindah tempat untuk mengirim dan menerima file dari komputer lain sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.
  3. Teknologi jaringan komputer akan memberikan dampak yang positif untuk pegawai selama dia tidak menyalahi peraturan yang ada, seperti hacker, cracker dll. Dipastikan dengan adanya teknologi jaringan komputer dapat memberi kecekatan dalam bekerja, dengan biaya dan waktu yang minimal, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan nya yang lain.


Dalam Dunia Mobile
Mobile merupakan hal yang paling popular dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana tidak??
Sekarang hampir semua orang punya handhone baik dari yang tingkat satu sampai tingkat sekian. Awal mula muncul hanphone itu hanya mempunyai fasilitas teks saja, namun dengan berkembangnya zaman, handphone tidak hanya berupa teks saja melainkan bisa untuk foto, bertukar gambar,chating, bahkan yang sedang ramai sekarang ini adalah penggunaan facebook, semua demi kepuasan para mobile user.

Pada dunia mobile, adanya jaringan komputer memperluas cakupan jaringan mobile, contohnya :
  1. Penggunaan perangkat WiFii pada handset/handphone
  2. Adanya Video Call dan Video Streaming
  3. Pengaksesan email melalui handphone
  4. Pengguna dengan tidak perlu repot-repotnya menggunakan banyak kabel untuk mengghubungkan suatu internet karena kini bisa dengan menggunakan handphone

Dalam Rumah
Jaringan komputer dapat juga diimplementasikan di rumah, biasanya lebih ke penggunaan internet baik itu menggunakan modem ataupun pemasangan jaringan internet seperti flexi, speedy dan masih banyak lagi. Melalui internet rumah ini kita dapat bertukar informasi kepada teman, kerabat, bahkan semua orang.
Untuk meningkatnya koneksi internet berkecepatan tinggi di rumah, mempraktiskan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan di rumah, seperti membuat koneksi peer to peer untuk bermain game dengan keluarga

Tujuan Implementasi Jaringan Komputer di rumah :
  • Memungkinkan efisien dan efektif dalam berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan chat
  • Interaktif intertaiment lebih multimedia dengan games dan video.
  • Ineraktif lebih mudah mendapatkan informasi dengan data yang cepat dengan menggunakan browsing internet
Contoh - contoh implementasi Jaringan Komputer di rumah :
  1. Internet
  2. TV Cable
  3. RT/RW Net

Dalam Dunia Perbankan

Ini yang paling sering dilakukan oleh orang-orang,yaitu transaksi uang….Kalau jaman dulu orang harus mengambil uang harus di bank, namun sekarang dengan adanya kartu transaksi kita dapat mengambil uang secara tunai di cabang manapun hanya dengan menggesek uang langsung di tangan, atau pada saat melakukan pengiriman uang kepada orang yang tempatnya berjauhan maka kita tinggal mentransfer uang dari tabungan saja.
Implementasi Jaringan komputer pada Dunia Perbankan sangat membantu, berikut contoh -contoh implementasi Jaringan Komputer pada Dunia Perbankan :
  1. Adanya e-Banking
  2. Penggunaan ATM (Automatic Teller Machine) dalam aktivitas perbankan.
  3. Penggunaan Database di bank – bank.
  4. Sinkronisasi data – data pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.

Segala aktifitas perbankan sekarang menggunakan jaringan komputer untuk mempermudah segala transakasi, seperti pelayanan electronic transaction / e-banking melalui ATM, phone banking dan Internet banking dan lain sebagainya. Itu semua bermanfaat untuk efisiensi waktu, misalnya adalah ATM (Automatic Teller Machine), kita tidak perlu datang ke Bank untuk mengambil uang tetapi hanya dengan ATM kita
dapat mengambil uang yang kita inginkan dimana saja, bukan hanya mengambil uang, membayar telepon, listrik, kartu kredit maupun cicilan kendaraan bermotor pun dapat di lakukan dengan mudah

Semua hal di atas tidak lepas dari peran jarkom yang memang sangat berguna bagi kehidupan manusia, tanpa itu semua kehidupan tidak akan bertambah maju. Namun semua hal tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan disikapi dengan positif agar dapat berguna bagi semua orang.
  • Mempermudah dalam melakukan semua jenis pelayanan transaksi dengan menggunakan ATM (Auttomatic Teller Machine )
  • mempermudah jika kita di tempat yang tidak tau lokasi pembayaran dengan
  • menggunakan phone banking dan internet banking
  • mempersingkat waktu transaksi dengan adanya jaringan ini
Literatur :
  • http://id.wikipedia.org /
  • http://www.ilmukomputer.com
  • http://komputeriptek2.blogspot.com/
  • http://aqwamrosadi.staff.gunadarma.ac.id/
  • http://awhik.blogspot.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar