RSS

Pengenalan DB2

Pengenalan DB2
DB2 merupakan relational database management system (RDBMS) atau sistem manajemen basis data relasional yang memungkinkan pengguna melakukan CREATE, UPDATE dan CONTROL terhadap basis data relasional dengan menggunakan Structured Query Language (SQL). DB2 didesain untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam bisnis berskala kecil maupun besar.
DB2 dapat dijalankan pada bermacam-macam platform termasuk sistem mainframe seperti MVS/ESA, VM dan VSE. system midrange seperti OS/400, AIX dan sistem yang berbasiskan UNIX lainnya serta sistem tunggal atau yang berbasiskan LAN seperti OS/2, Windows dan Linux.
DB2 merupakan suatu sistem terbuka. Selain untuk client platform yang disediakan oleh IBM, semua basis data yang ada dalam DB2 server dapat diakses dari beberapa produk yang menunjang protokol Distributed Relational Architecture (DRDA). Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi kebutuhan komponen tambahan dan gateway yang mahal.
Selain fungsi manajemen data, DB2 juga memiliki alat yang mengijinkan pengguna membuat bermacam-macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data. Juga untuk mengembangkan aplikasi dari multimedia dan object-oriented.


Literatur  :  Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar